Jumat, 01 Juli 2016

uraian tugas puskesmas ransiki



KEPALA PUSKESMAS


Nama Pejabat                          : dr. Paulinus Sayori
Nip                                          : 19820204 201203 1 001
Pangkat/Gol                            : Penata Muda Tk I / III B


Uraian Tugas
1.      Melaksanakan fungsi-fungsi manajemen, bimbingan dan supervisi.
2.      Sebagai penggerak pembangunan kesehatan di tingkat  kecamatan.
3.      Sebagai tenaga ahli pendamping Camat.
4.      Mengkoordinir dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan di puskesmas
5.      Melakukan pengawasan melekat bagi seluruh pelaksanaan kegiatan program dan pengelolaan keuangan.
6.      Mengadakan koordinasi dengan Camat  dan Lintas Sektoral dalam upaya pembangunan kesehatan di wilayah kerja.
7.      Menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dan masyarakat dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat.
8.      Menyusun perencanaan kegiatan Puskesmas dengan dibantu oleh staf Puskesmas.
9.      Memonitor dan mengevaluasi kegiatan Puskesmas.
10.  Melaporkan hasil kegiatan program ke Dinas Kesehatan Kota, baik berupa laporan rutin maupun khusus.
11.  Membina petugas dalam meningkatkan mutu pelayanan .








UNIT TATA USAHA DAN KEPEGAWAIAN


Nama Pejabat                          : Septinus Corneles Rumbiak
Nip                                          : 19730919 200801 1 004
Pangkat/Gol                            : Pengatur / II C


Uraian Tugas
1.      Merencanakan dan mengevaluasi kegiatan di unit TU dan Kepegawaian
2.      Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di unit TU dan Kepegawaian
3.      Menggantikan tugas Kepala Puskesmas bila Kepala Puskesmas berhalangan hadir
4.      Menyelenggarakan rapat di tingkat puskesmas
5.       Membuat laporan kepegawaian (Absensi, laporan.triwulan, tahunan ,dsb.)
6.       Mengetik DP 3 yang sudah di isi nilai oleh Atasan Langsung
7.      Mendata dan mengarsipkan file pegawai.
8.      Mengusulkan cuti dan kenaikan pangkat
9.       Mengusulkan tunjangan pegawai ( Penyesuaian Fungsional, Baju, dan lain-lain)
10.  Merekap Absensi ( Ijin, Cuti, dan Sakit )
11.  Membuat Absensi Mahasiswa/siswa yang praktek di Puskesmas
12.  Membuat perencanaan untuk pengembangan kualitas SDM staf puskesmas
13.  Menyusun daftar pembagian tugas untuk staf puskesmas dengan persetujuan kepala puskesmas









STAF UNIT TATA USAHA BAGIAN SP2TP DAN LOGISTIK


Nama Pejabat                          : Jeri Tumanam, S.Kep
Nip                                          :
Pangkat/Gol                            : -


Uraian Tugas
1.      Mengkoodinir seluruh laporan puskesmas dan melaporkannya ke Dinas Kesehatan
2.      Membantu kepala Puskesmas dalam pengelolaan data
3.      Membantu petugas dalam pengelolaan data di unit masing-masing.
4.      Membuat profil puskesmas setiap tahunnya sesuai pedoman yang ada.
5.      Mengarsipkan dan melaporkan kedinas kesehatan secara berkala
6.      Menyusun perencanaan dan evaluasi
7.      Penerimaan dan pengeluaran logistic
8.      Pengecekan terhadap keadaan logistik (registrasi barang, KIR, dll)
9.      Pencatatan dan pelaporan
10.  Rigistrasi Surat Masuk dan Keluar
11.  Melanjutkan disposisi Pimpinan
12.  Membuat konsep surat
13.  Mengkoordinir kegiatan petugas bagian pengiriman semua laporan puskesmas.
14.  Mengkoordinir kegiatan petugas bagian perbaikan sarana puskesmas
15.  Mengarsipkan surat.
16.  Melakukan kegiatan yang bersifat umum.
17.  Mengkoordinir pembuatan spanduk yang bersifat umum
18.  Melaksanakan pelayanan surat KIR kesehatan dan rekomendasi kesehatan lainnya.

    





BENDAHARA UMUM


Nama Pejabat                          : Moh. Taufik Hidayat, AMD
Nip                                          : 19900917 201203 1 0011
Pangkat/Gol                            : Pengatur / II C


Uraian Tugas
1.       Melakukan perencanaan Keuangan
2.      Merealisasikan Keuangan
3.       Membuat pembukuan/penutupan kas dengan kesejahteraan pegawai
4.      Membayar  pajak yang timbul dari kegiatan puskesmas
5.      Pencatatan dan Pelaporan
6.      Mengkoordinir bendahara-bendahara di Puskesmas















PENANGGUNG JAWAB POLIK UMUM


Nama Pejabat                          : dr. Findy Wijaya Nurdin
Nota Dinas                              : 814.2/66/01/DK-MSL/16
Pangkat/Gol                            : -


Uraian Tugas
1.      Melaksanakan pelayanan kesehatan perorangan bagi usia 0 bulan sampai usia lanjut
2.      Menentukan pemeriksaan dan tindakan penunjang
3.      Melaksanakan rujukan
4.      Melaksanakan KIR kesehatan
5.      Bertanggung jawab atas pemeliharaan alat medis dan  non medis di poli Umum
6.      Perencanaan, pencatatan dan pelaporan









                                        







PENANGGUNG JAWAB POLIK GIGI


Nama Pejabat                          :
Nota Dinas                              :
Pangkat/Gol                            : -


Uraian Tugas
1.      Melaksanakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut
2.      Menentukan pemeriksaan dan tindakan penunjang
3.      Melaksanakan rujukan
4.      Bertanggung jawab atas pemeliharaan alat medis dan  non medis di poli gigi
5.      Perencanaan, pencatatan dan pelaporan














                                                       



PENANGGUNG JAWAB KIA DAN KB


Nama Pejabat                          : Maryke. A. Mandatjan, Amd.Keb
Nota Dinas                              : 19730313 200312 2 001
Pangkat/Gol                            : Pengatur / II C


Uraian Tugas
1.      Melaksanakan kegiatan pemeriksaan/pembinaan kepada ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas,dan ibu menyusui
2.      Melaksanakan pelayanan Keluarga Berencana
3.      Bertanggung jawab atas pemeliharaan alat medis, non medis di poli KIA.
4.      Menentukan pemeriksaan dan tindakan penunjang
5.      Melaksanakan rujukan
6.      Melaksanakan pelayanan persalinan   di unit pelayanan persalinan sesuai pedoman




PENANGGUNG JAWAB P2P

Nama Pejabat                          : dr.Keys Andrew Maraudje
Nota Dinas                              : 820/138/DK-MSL/III/2015
Pangkat/Gol                            : -

Uraian Tugas
1.            Menyusun perencanaan dan evaluasi kegiatan di unit P2P
2.            Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di unitnya.
3.            Ikut secara aktif mencegah dan mengawasi terjadinya peningkatan kasus penyakit menular  serta menindak lanjuti terjadinya KLB.
4.            Berperan aktif secara dini melakukan pengamatan terhadap
penderita, kesling, perilaku masyarakat dan perubahan kondisi.
5.            Melaksanakan SARS penyakit menular
6.            Analisis tentang KLB
7.            Penyuluhan kesehatan secara intensif
8.            Perencanaan, pencatatan dan pelaporan.


PEMEGANG PROGRAM TB/HIV/IMS

Nama Pejabat                          : Mimi Inden, S.Kep
Nip                                          : 19860516 200909 2 001
Pangkat/Gol                            : Penata Muda Tk I / III B
URAIAN TUGAS
1.      Penyuluhan tentang PMS dan AIDS
2.      Kerjasama  dengan  Yayasan  peduli  AIDS  mengenai
3.      pendataan penderita PMS dan AIDS.
4.      Penemuan secara dini penderita PMS dan AIDS.
5.      Pengobatan  penderita  yang  menderita  maupun  yang Dicurigai.
6.      Penyuluhan tentang TBC serta kunjungan dan follow up ke rumah pasien
7.      Penemuan secara dini penderita TBC
8.      Pengobatan penderita secara lengkap
9.      Koordinasi  dengan  petugas  laboratorium  terhadap
10.  penderita/tersangka TBC untuk mencari BTA +
11.  Pencatatan dan pelaporan kasus.


PEMEGANG PROGRAM IMUNISASI

Nama Pejabat                          : Nelly d Nouwoneyk, Amd.Kep
Nota Dinas                              : -
Pangkat/Gol                            : -
URAIAN TUGAS
1.    Pelaksanaan  Imunisasi  Polio,  Campak,  HB,  BCG,  DPT pada  bayi  ditempat  pelayanan  kesehatan  (  Puskesmas, Posyandu dan pustu ).
2.    Pelaksanaan Imunisasi TT pada BUMIL  & WUS  ditempat pelayanan kesehatan.
3.    Penyuluhan imunisasi dan  sweeping  ke rumah  target  yang tidak datang ke tempat pelayanan kesehatan.
4.    Pelaksanaan  BIAS  di  tiap  SD  oleh  tim  Puskesmas  dan kader.
5.    Pengambilan Vaksin ke Dikes Kab.Badung 2 kali sebulan.
6.    Sterilisasi  alat  dan  pemeliharaan  Coldchain  di  Puskesmas atau Pustu.
7.    Merencanakan  persediaan  dan  kebutuhan  vaksin  secara teratur.
8.    Monitoring / evaluasi PWS


PEMEGANG PROGRAM DIARE

Nama Pejabat                          :Iim Suci Haryati, Amd.Kep
Nota Dinas                              : -
Pangkat/Gol                            : -

URAIAN TUGAS

1.Penyuluhan untuk memasyarakatkan hidup bersih dan sehat serta memasyarakatkan oralit.
2.Kaporitisasi  sumur-sumur  dan  sumber  air  sebanyak  2  kali se tahun.
3.Surveillance  yaitu  mengurangi  dan  menghindari  kontak untuk mencegah penyebaran kasus.
4.Pecatatan dan Pelaporan.
5.Penemuan  dan  pengobatan  penderita  diare  di  dalam maupun di luar gedung.
6.Aktif dalam penyelidikan KLB/peningkatan kasus.



PEMEGANG PROGRAM ISPA
Nama Pejabat                          : Norma Rahmawati, Amd.Kep
Nota Dinas                              : -
Pangkat/Gol                            : -

URAIAN TUGAS
1.Penyuluhan tentang ISPA
2.Penemuan secara dini penderita ISPA
3.Pengobatan penderita secara lengkap
4.Pencatatan dan Pelaporan kasus.



PEMEGANG PROGRAM MALARIA

Nama Pejabat                         : Fiti H Marlina, S.ST
Nota Dinas                              : -
Pangkat/Gol                            : -

URAIAN TUGAS
1.Penyuluhan tentang Malaria
2.Pemberantasan Nyamuk Anopeles.
3.Kerja  sama  dengan  aparat  pemerintahan  desa  dalam pelaporan  pendatan terutama  yang  berasal  dari  daerah endemis Malaria.
4.Penemuan secara dini penderita malaria
5.Pengobatan  penderita  yang  menderita  maupun  yang dicurigai.



PEMEGANG PROGRAM KUSTA

Nama Pejabat                         : Mince Inden,
NIP                                          : 19840919 200605 2 001
Pangkat/Gol                            : Pengatur / IIC

URAIAN TUGAS
1.Penyuluhan tentang Kusta
2.Penemuan  Penderita  Kusta  dengan  pemeriksaan  kontak, pemeriksaan anak sekolah dan case survei
3.Memberikan  pengobatan  yang  tepat  sesuai  diagnosa  dan klasifikasinya.
4.Melakukan  pencegahan  cacad  dengan  mengawasi  dan mengevaluasi pengobatan
5.Pencatatan dan Pelaporan.



PENANGGUNG JAWAB KESEHATAN LINGKUNGAN

Nama Pejabat                         : Moh. Taufik hidayat, AMD
NIP                                          : 19900917 201203 1 0011
Pangkat/Gol                            : Pengatur / IIC

URAIAN TUGAS
1.Menyusun perencanaan dan evaluasi di unit kesling
2. Mengurangi bahkan menghilangkan semua unsur fisik dan lingkungan yang memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan masyarakat melalui penyuluhan kesling
3. Penyehatan air bersih.
4.Pengawasan depot isi ulang air minum
5. Penyehatan pembuangan sampah.
6.Penyehatan lingkungan dan pemukiman.
7.Penyehatan pembuangan air limbah.
8.Penyehatan makana dan minuman.
9.Pengawasan sanitasi tempat-tempat umum.
10.  Pengawasan tempat pengelolaan pestisida.
11.  Pelaksana perundangan di bidang kesehatan lingkungan.
12.  Pembakaran sampah medis dan penelolaan sampah non medis
13.  P engawasan pemisahan sampah di puskesmas dan jejaringnya
14.  Perencanaan,Pencatatan dan pelaporan.



PENANGGUNG JAWAB PROMOSI KESEHATAN

Nama Pejabat                         : Flaviana Mulyati, AMK
NIP                                          : 19850326 201004 2 001
Pangkat/Gol                            : Pengatur / IIC

URAIAN TUGAS
1.Mengkoordinir dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan promosi kesehatan di wilayah kerja puskesmas.
2.Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan promosi dilakukan bersama-sama dengan coordinator program yang terkait.
3. Kegiatan dalam Gedung Penyuluhan langsung kepada perorangan maupun kelompok penderita di Puskesmas / Pustu Penyuluhan tidak langsung melalui Media Poster /Pamflet
4.Kegiatan di luar Gedung
-          Penyuluhan melalui media masa, pemutaran Film,siaran keliling maupun media tradisional.
-          Penyuluhan kelompok melalui posyandu dan sekolah.
5.Pencatatan dan pelaporan
6.Pemeliharaan alat penyuluhan .
7.Mengelola Media informasi Kesehatan Puskesmas.


PEMEGANG PROGRAM KESEHATAN ANAK

Nama Pejabat                         : Yulia Mandacan. Amk.Keb
NIP                                          : 19850326 201004 2 001
Pangkat/Gol                            : Pengatur / IIC

URAIAN TUGAS
1.Pemeliharaan  kesehatan   Ibu  dari  hamil,  melahirkan  dan menyusui,  serta  bayi, anak   balita  dan   anak  pra  sekolah sampai usia lanjut
2.Imunisasi  TT  2  kali  pada  bumil  dan  imunisasi  pada  bayi berupa  BCG,  DPT,  polio dan  Hb  sebanyak  3  kali  serta campak sebanyak 1 kali.
3.Penyuluhan  kesehatan  meliputi  berbagai  aspek  dalam mencapai  tujuan  program KIA,  gizi  dan  perkembangan anak.
4.Pelayanan KB kepada semua PUS, dengan perhatian khusus kepada  mereka  yang melahirkan  anak  berkali-kali  karena termasuk golongan ibu beresiko tinggi (resti).
5.Pengobatan bagi ibu untuk jenis penyakit ringan.
6.Kunjungan rumah untuk perkesmas, bagi yang memerlukan pemeliharaan,  memberi  penerangan  dan  pendidikan kesehatan dan untuk mengadakan pemantauan pada mereka yang  lalai  mengunjungi  puskesmas  serta  meminta   agar mereka datang ke puskesmas lagi.
7.Pembinaan dukun bayi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar